Biografi KH Kholil Bangkalan - Madura


Biografi KH Kholil Bangkalan - Madura
KH Cholil adalah Waliyullah yang sangat mempunyai pengaruh paling besar pada saat sebelum hingga awal berdirinya Nahdlatul Ulama. Hal ini terjadi karena sebab berguru kepadanya beliaulah, banyak santri-santri yang menjadi pengasuh pondok pesantren besar di Indonesia dan tokoh-tokoh di NU pada awal berdirinya. 

Dalam catatan sejarah, banyak tokoh-tokoh pendiri NU adalah alumni dari pondok pesantren yang diasuh oleh beliau yang bernama lengkap Kyai Kholil bin Kyai Abdul Lathif bin Kyai Hamim bin Kyai ‘Abdul Karim bin Kyai Muharram bin Kyai Asral Karamah bin Kyai ‘Abdullah bin Sayyid Sulaiman yang merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati, salah satu Walisongo.



Kyai Cholil adalah seorang alim dalam Ilmu Nahwu, Ilmu Fiqh dan tarekat. Beliau juga di kenal hafal al-Qur’an dan menguasai segala ilmunya. Termasuk seni baca Al-qur’an tujuh macam (Qiroah sab’ah). Selain kelebihan tersebut, beliau juga mempunyai kemampuan pada hal-hal yang tidak kasat mata (tidak dapat di lihat) dan sebab kelebihan tersebut, umat Islam Indonesia meyakini beliau adalah Waliyullah.


RIWAYAT HIDUP DAN KELUARGA


Lahir



Kyai Cholil terlahir pada tanggal 11 Jumadil Tsani 1235H atau 27 Januari 1820M di Kampung Senenan, Desa Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, yang terletak di ujung barat pulau Madura, Propinsi Jawa Timur.


Wafat



Kyai Cholil wafat pada 29 Ramadhan 1341H atau 14 Mei 1923M pada usia 106 tahun karena usia lanjut.


Nasab Keturunan



KH Abdul Lathif sangat berharap agar anaknya di kemudian hari menjadi pemimpin umat, sebagaimana nenek moyangnya. Seusai mengadzani telinga kanan dan mengiqamati telinga kiri sang bayi, KH Abdul Lathif memohon kepada Allah agar Dia mengabulkan permohonannya.



Mbah Cholil kecil berasal dari keluarga ulama. Ayahnya, KH Abdul Lathif, mempunyai pertalian darah dengan Sunan Gunung Jati. Ayah Abdul Lathif adalah Kyai Hamim, anak dari Kyai Abdul Karim. Yang disebut terakhir ini adalah anak dari Kyai Muharram bin Kyai Asror Karomah bin Kyai Abdullah bin Sayyid Sulaiman. Sayyid Sulaiman adalah cucu Sunan Gunung Jati. Maka tak salah kalau KH Abdul Lathif mendambakan anaknya kelak bisa mengikuti jejak Sunan Gunung Jati karena memang dia masih terhitung keturunannya.



Mbah Cholil (KH Muhammad Kholil Bangkalan Al-Maduri) adalah titisan beberapa wali yang tergabung dalam Walisongo, Yaitu Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kudus, yang mana mereka bermarga “Azmatkhan” dan bersambung pada Sayyid Alawi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath. Beliau juga bernasab pada keluarga Basyaiban yang bersambung pada Al-Imam Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath Al-Alawi Al-Husaini.



KH Muhammad Kholil bin KH Abdul Lathif bin Kyai Hamim bin Kyai Abdul Karim bin Kyai Muharram bin Kyai Asror Karomah bin Kyai Abdullah bin Sayyid Sulaiman. Sayid Sulaiman adalah cucu Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon. Syarif Hidayatullah itu putera Sultan Umdatuddin Umdatullah Abdullah yang memerintah di Cam (Campa). Ayahnya adalah Sayyid Ali Nurul Alam bin Sayyid Jamaluddin Al-Kubra.



Berikut ini adalah silsilah nasab Mbah Cholil. Terlebih dahulu saya tulis silsilah jalur laki-laki yang bersambung pada Sunan Kudus, untuk menunjukkan hak beliau dalam menggunakan nama belakang (marga/fam) “Azmatkhan Al-Alawi Al-Husaini”, sesuai dengan adat dan istilah pernasaban bangsa Arab.

Jalur Nasab Sunan Kudus (Ja'far Shadiq)



1. Mbah Cholil (Syeikh Muhammad Kholil) Kabupaten Bangkalan.

2. Kyai Abdul Lathif (ayah KH Cholil Bangkalan). Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

3. Kyai Hamim (kakek KH Cholil Bangkalan). Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Kabupaten Bangkalan.

4. Kyai Abdul Karim.

5. Kyai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Kabupaten Bangkalan.

6. Kyai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Kabupaten Bangkalan.

7. Kyai Sulasi. Dimakamkan di Petapan, Trageh, Kabupaten Bangkalan.

8. Kyai Martalaksana. Dimakamkan di Banyu Buni, Gelis, Kabupaten Bangkalan.

9. Kyai Badrul Budur. Dimakamkan di Rabesan, Dhuwwek Buter, Kuayar, Kabupaten Bangkalan.

10. Kyai Abdur Rahman (Bhujuk Lek-palek). Dimakamkan di Kuanyar, Kabupaten Bangkalan.

11. Kyai Khatib. Ada yang menulisnya “Ratib”. Dimakamkan di Pranggan, Kabupaten Sumenep.

12. Sayyid Ahmad Baidhawi (Pangeran Ketandar Bangkal). Dimakamkan di Kabupaten Sumenep.

13. Sayyid Shaleh (Panembahan Pakaos). Dimakamkan di Ampel Kota Surabaya.

14. Sayyid Ja’far Shadiq (Sunan Kudus). Dimakamkan di Kudus.

15. Sayyid Utsman Haji (Sunan Ngudung). Dimakamkan di Kudus.

16. Sayyid Fadhal Ali Al-Murtadha (Raden Santri /Raja Pandita). Dimakamkan di Gresik.

17. Sayyid Ibrahim (Asmoro). Dimakamkan di Tuban.

18. Sayyid Husain Jamaluddin. Dimakamkan di Bugis.

19. Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin. Dimakamkan di Naseradab, India.

20. Sayyid Abdullah. Dimakamkan di Naseradab, India.

21. Sayyid Abdul Malik Azmatkhan. Dimakamkan di Naseradab, India.

22. Sayyid Alawi ‘Ammil Faqih. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.

23. Sayyid Muhammad Shahib Mirbath. Dimakamkan di Zhifar, Hadramaut, Yaman.

24. Sayyid Ali Khali’ Qasam. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.

25. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.

26. Sayyid Muhammad. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.

27. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Sahal, Yaman.

28. Sayyid Abdullah/Ubaidillah. Dimakamkan di Hadramaut, Yaman.

29. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir . Dimakamkan di Al-Husayyisah, Hadramaut, Yaman.

30. Sayyid Isa An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Irak.

31. Sayyid Muhammad An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Irak.

32. Al-Imam Ali Al-Uradhi. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah]].

33. Al-Imam Ja’far Ash-Shadiq. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah]].

34. Al-Imam Muhammad Al-Baqir. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah]].

35. Al-Imam Ali Zainal Abidin. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah]].

36. Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib. Dimakamkan di Karbala, Irak.

37. Sayyidatina Fathimah Az-Zahra’ binti Sayyidina Muhammad Rasulullah. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah]]



Maka, dari jalur Sunan Kudus (Ja'far Shadiq), Mbah Cholil adalah generasi ke-37 dari Rasulullah Saw.


Jalur Nasab Sunan Ampel (Raden Rahmat)



1. Mbah Cholil (Syeikh Muhammad Kholil) Kabupaten Bangkalan.

2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

3. Kyai Hamim. Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Kabupaten Bangkalan.

4. Kyai Abdul Karim.

5. Kyai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Kabupaten Bangkalan.

6. Kyai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Kabupaten Bangkalan.

7. Nyai Tepi Sulasi (Istri Kyai Sulasi). Dimakamkan di Petapan, Trageh, Kabupaten Bangkalan.

8. Nyai Komala. Dimakamkan di Kuanyar, Kabupaten Bangkalan.

9. Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana). Dimakamkan di Kuanyar, Kabupaten Bangkalan.

10. Sayyid Muhammad Khathib (Raden Bandardayo). Dimakamkan di Sedayu Kabupaten Gresik.

11. Sayyid Musa (Sunan Pakuan). Dimakamkan di Dekat Gunung Muria Kabupaten Kudus. Dalam sebagian catatan nama Musa ini tidak tertulis.

12. Sayyid Qasim (Sunan Drajat). Dimakamkan di Drajat, Paciran Lamongan.

13. Sayyid Ahmad Rahmatullah (Sunan Ampel). Dimakamkan di Ampel, Kota Surabaya.

14. Sayyid Ibrahim Asmoro Kabupaten Tuban. Disini nasab Nyai Sulasi dan Kyai Sulasi bertemu.



Maka, melalui jalur Sunan Ampel (Raden Rahmat), Mbah Cholil adalah generasi ke-34 dari Rasulullah Saw.

Jalur Nasab Sunan Giri (Raden Ainul Yaqin)



1. Mbah Cholil (Syeikh Muhammad Kholil) Kabupaten Bangkalan.

2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

3. Kyai Hamim. Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Kabupaten Bangkalan.

4. Kyai Abdul Karim.

5. Kyai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Bangkalan.

6. Kyai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Kabupaten Bangkalan.

7. Nyai Tepi Sulasi (Istri Kyai Sulasi). Dimakamkan di Petapan, Trageh, Kabupaten Bangkalan.

8. Nyai Komala. Dimakamkan di Kuanyar, Kabupaten Bangkalan.

9. Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana). Dimakamkan di Kuanyar, Kabupaten Bangkalan.

10. Nyai Gede Kedaton (istri Sayyid Muhammad Khathib). Dimakamkan di Giri, Kabupaten Gresik.

11. Panembahan Kulon. Dimakamkan di Giri, Kabupaten Gresik.

12. Sayyid Muhammad Ainul Yaqin (Sunan Giri). Dimakamkan di Giri, Kabupaten Gresik.

13. Maulana Ishaq. Dimakamkan di Pasai.

14. Sayyid Ibrahim Asmoro Tuban. Di sini nasab Nyai Gede Kedaton dan Sayyid Muhammad Khathib bertemu.



Maka, melalui jalur Sunan Giri (Raden Ainul Yaqin), Mbah Cholil adalah generasi ke-34 dari Rasulullah Saw.


Jalur Nasab Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)



1. Mbah Cholil (Syeikh Muhammad Kholil) Kabupaten Bangkalan.

2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

3. Nyai Khadijah (Istri Kyai Hamim). Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

4. Kyai Asror Karomah.

5. Sayyid Abdullah.

6. Sayyid Ali Al-Akbar.

7. Sayyid Sulaiman. Dimakamkan di Mojo Agung, Kabupaten Jombang.

8. Syarifah Khadijah.

9. Maulana Hasanuddin. Dimakamkan di Propinsi Banten.

10. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). Dimakamkan di Kabupaten Cirebon.

11. Sayyid Abdullah Umdatuddin.

12. Sayyid Ali Nuruddin/ Nurul Alam.

13. Sayyid Husain Jamaluddin Bugis. Di sini nasab Nyai Khadijah dan Kyai Hamim Kholil bertemu.



Maka, melalui jalur Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), Mbah Cholil adalah generasi ke-32 dari Rasulullah Saw.

Jalur Nasab Basyaiban



1. Mbah Cholil (Syeikh Muhammad Kholil) Kabupaten Bangkalan.

2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

3. Nyai Khadijah (Istri Kyai Hamim). Dimakamkan di Kabupaten Bangkalan.

4. Kyai Asror Karomah.

5. Sayyid Abdullah.

6. Sayyid Ali Al-Akbar.

7. Sayyid Sulaiman. Dimakamkan di Mojo Agung, Kabupaten Jombang.

8. Sayyid Abdurrahman (Suami Syarifah Khadijah binti Hasanuddin).

9. Sayyid Umar.

10. Sayyid Muhammad.

11. Sayyid Abdul Wahhab.

12. Sayyid Abu Bakar Basyaiban.

13. Sayyid Muhammad.

14. Sayyid Hasan At-Turabi

15. Sayyid Ali.

16. Al-Imam Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam.

17. Sayyid Ali.

18. Sayyid Muhammad Shahib Mirbat. Di sini nasab keluarga Azmatkhan dan Basyaiban bertemu.



Maka, melalui jalur Sayyid Abdurrahman Basyaiban, Mbah Cholil adalah generasi ke-32 dari Rasulullah Saw.


PENDIDIKAN


Pendidikan Masa Kecil



Sejak kecil, beliau mendapatkan pendidikan agama langsung dari orang tua secara ketat. Kyai Cholil sejak kecil memang sudah mempunyai sifat-sifat sebagai calon ulama yang berpengaruh besar. Di antara keistimewaan beliau adalah kehausan akan ilmu, terutama dalam bidang ilmu Fiqh dan ilmu Nahwu (ilmu tata bahasa Arab). Beliau sudah hafal Matan Alfiyah Ibnu Malik (1,000 bait) mengenai ilmu nahu yang terkenal itu. Selanjutnya beliau juga seorang hafiz al-Quran tiga puluh juz juga berkemampuan dalam qiraah tujuh (tujuh cara membaca al-Quran).



Karena keinginan orang tuanya yang sangat kuat untuk mendidik anaknya menjadi ulama, kemudian pada sekitar tahun 1850 an, Kyai Cholil menuntut ilmu sebagai santri di Pondok pesantren Langitan, Kabupaten Tuban yang di asuh oleh KH Muhammad Nur. Setelah merasa cukup, kemudian Kyai Cholil melanjutkan menuntut ilmu menjadi santri di Pondok Pesantren Cangaan, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Setelah itu kemudian, beliau pindah ke Pondok Pesantren Kebon Candi, Kabupaten Pasuruan dan juga menjadi santri di tempat Kiai Nur Hasan yang masih termasuk familinya di Sidogiri.



Jarak antara Keboncandi dan Sidogiri sekitar 7 Kilometer. Tetapi, untuk mendapatkan ilmu, Mbah Cholil muda rela melakoni perjalanan yang terbilang lumayan jauh itu setiap harinya. Di setiap perjalanannya dari Keboncandi ke Sidogiri, beliau tak pernah lupa membaca Surah Yasin. Ini dilakukannya hingga dalam perjalanannya itu bisa khatam berkali-kali.


Menuntut Ilmu di Mekah



Beliau berkeinginan untuk menuntut ilmu di Mekah, maka Mbah Cholil pun memutar otak untuk mencari jalan keluarnya, akhirnya beliau memutuskan untuk pergi ke sebuah pesantren di Banyuwangi. Karena, pengasuh pesantren itu terkenal mempunyai kebun kelapa yang cukup luas. Dan selama nyantri di Banyuwangi ini, Mbah Cholil juga menjadi “buruh” pemetik kelapa pada gurunya. Untuk setiap pohonnya, dia mendapat upah 2,5 sen. Uang yang diperolehnya tersebut beliau tabung.



Sedangkan untuk makan, Mbah Cholil menyiasatinya dengan mengisi bak mandi, mencuci dan melakukan pekerjaan rumah lainnya, serta menjadi juru masak teman-temannya. Dari situlah Mbah Cholil bisa makan gratis. Akhirnya, pada tahun 1859 M, saat usianya mencapai 24 tahun, Mbah Cholil memutuskan untuk pergi ke Mekah. Tetapi sebelum berangkat, Mbah Cholil menikah dahulu dengan Nyai Asyik, anak perempuan Lodra Putih.



Setelah menikah, pada 1276 Hijrah atau 1859 Masehi berangkatlah beliau ke Mekkah. Dan memang benar, untuk ongkos pelayarannya bisa tertutupi dari hasil tabungannya selama nyantri di Banyuwangi, sedangkan untuk makan selama pelayaran, konon, Mbah Cholil berpuasa. Hal tersebut dilakukan Mbah Cholil bukan dalam rangka menghemat uang, akan tetapi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, agar perjalanannya selamat.



Di Mekah Kyai Muhammad Khalil al-Maduri bersahabat dengan Syeikh Nawawi al-Bantani. Ulama-ulama dunia Melayu di Mekah yang seangkatan dengan Syeikh Nawawi al-Bantani (lahir 1230 Hijrah/1814 Masihi), Kyai Khalil al-Manduri (lahir 1235 Hijrah/1820 Masihi), Syeikh Muhammad Zain bin Mustafa al-Fathani (lahir 1233 Hijrah/1817 Masihi), Syeikh Abdul Qadir bin Mustafa al-Fathani (lahir 1234 Hijrah/1818 Masihi), Kyai Umar bin Muhammad Saleh Semarang.



Di antara gurunya di Mekah ialah Syekh Utsman bin Hasan ad Dimyathi, Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, Syekh Mustafa bin Muhammad al-Afifi al-Makki, Syekh Abdul Hamid bin Mahmud asy-Syarwani dan masih banyak lagi. Beberapa sanad hadis yang musalsal diterima daripada sahabatnya Syeikh Nawawi al-Bantani dan Abdul Ghani bin Subuh bin Ismail al-Bimawi (Kota Bima, Sumbawa). 

Walau pun Syeikh Ahmad al-Fathani jauh lebih muda daripadanya, yaitu seumuran anaknya, namun kerana tawadlunya, Kyai Muhammad Cholil al-Maduri pernah belajar kepada ulama yang berasal dari Patani itu. Kyai Muhammad Khalil al-Maduri termasuk generasi pertama mengajar karya Syeikh Ahmad al-Fathani berjudul Tashilu Nailil Amani, tentang nahwu dalam bahasa Arab, di pondok-pesantrennya di Bangkalan. 

Karya Syeikh Ahmad al-Fathani yang tersebut kemudian berpengaruh dalam pengajian ilmu nahu di Madura dan Jawa sejak itu, bahkan hingga sekarang masih banyak pondok-pesantren tradisional di Jawa dan Madura diajarkan kitab itu.



Mengenai ilmu thariqat, Kyai Muhammad Cholil al-Maduri belajar kepada beberapa orang ulama thariqat yang terkenal di Mekah pada zaman itu, di antaranya daripada Syeikh Ahmad Khatib Sambas diterimanya baiah dan tawajjuh Thariqat Qadiriyah dan Naqsyabandiyah. Thariqat Naqsyabandiyah juga diterimanya daripada Sayyid Muhammad Shalih az Zawawi dan ulama lainnya, di antaranya termasuk kepada Syekh Utsman Dimyathi juga.



Sewaktu berada di Mekah untuk perbelanjaannya sehari-hari, Kyai Muhammad Khalil bekerja mengambil upah sebagai penyalin risalah-risalah yang diperlukan oleh para pelajar. Diriwayatkan bahawa pada waktu itulah timbul ilham antara mereka bertiga, iaitu: Syeikh Nawawi al-Bantani (Syeikh Nawawi al-Bantani), Kyai Muhammad Cholil al-Maduri dan Syeikh Saleh as-Samarani (KH Muhammad Saleh Darat, Semarang) menyusun kaedah penulisan huruf Pegon. Huruf Pegon ialah tulisan Arab yang digunakan untuk tulisan dalam bahasa Jawa, Madura dan Sunda. Huruf Pegon tidak ubahnya tulisan Melayu / Jawa yang digunakan untuk penulisan bahasa Melayu.


Konon, selama di Mekah, Mbah Cholil lebih banyak makan kulit buah semangka ketimbang makanan lain yang lebih layak. Realitas ini –bagi teman-temannya, cukup mengherankan. Teman seangkatan Mbah Cholil antara lain: Syeikh Nawawi al-Bantani, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, dan Syekh Muhammad Yasin Al Fadani. Mereka semua tak habis pikir dengan kebiasaan dan sikap keprihatinan temannya itu. Kebiasaan memakan kulit buah semangka kemungkinan besar dipengaruhi ajaran ngrowot (vegetarian) dari Al-Ghazali, salah seorang ulama yang dikagumi dan menjadi panutannya.


SANAD KEILMUAN


Para Guru


Di antara gurunya antara lain:



    Syeikh Utsman bin Hasan ad-Dimyathi (Thariqat Naqsyabandiyah)

    Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

    Syeikh Mustafa bin Muhammad al-Afifi al-Makki

    Syeikh Abdul Hamid bin Mahmud asy-Syarwani

    Syekh Ahmad Khatib Sambassy (Thariqat Naqsyabandiyah dan Qadriyah)

    Sayyid Muhammad Shalih az-Zawawi (Thariqat Naqsyabandiyah)

    Syeikh Nawawi al-Bantani

    Abdul Ghani bin Subuh bin Ismail Al-Bimawi (Bima, Sumbawa).


Silsilah Keilmuan dari para Imam



Sanad keilmuan KH Cholil Bangkalan sampai dengan KH Hasyim Asy‘ari sebagai berikut:

1. Nabi Muhammad SAW

2. Sayidina Ali

3. Muhammad (Putra Sayidina Ali,dari istri kedua Kaulah bin Ja’far)

4. Wasil bin Ato’

5. Amr bin Ubaid

6. Ibrohim Annadhom

7. Abu Huzail Al-Alaq

8. Abu Hasi Adzuba’i

9. Abu Ali Adzuba’i

10. Imam Abu Hasan Ala’asyari (Pendiri Faham “AHLUSSUNNAHWALJAMA’AH”) 234H

Kitab yang ditulis: Kitab Maqolatul Islamiyin, Al Ibanah, Al Risalah, Al-Luma’, dll



11. Abu Abdillah Al Bahily

12. Abu Bakar Al Baqilany

Kitab yang ditulis: Kitab At Tamhid, Al Insof, Al bayan, Al Imdad, dll.



13. Abdul Malik Imam Haromain AlJuwainy

Kitab yang ditulis: Kitab Lathoiful Isaroh, As Samil, Al Irsyad, Al Arba’in, Al kafiyah.



14. Abu hamid Muhammad AlGhozali atau Imam Ghazali

Kitab yang ditulis: Kitab Ihya Ulumuddin, Misyakatul Anwar,Minhajul Qowim, Minhajul Abidin dll.



15. Abdul hamid Assyeikh Irsani

Kitab yang ditulis: kitab Al Milal Wannihal, Musoro’atul Fulasifahdll.



16. Muhammad bin Umar Fakhruraazi,

Kitab yang ditulis: KitabTafsir Mafatihul Ghoib, Matholibul ‘Aliyah, Mabahisul Masyriqiyah, AlMahsul Fi Ilmil Usul.



17. Abidin Al Izzy

Kitab yang ditulis: Kitab Al Mawaqit Fi Ilmil Kalam.



18. Abu Abdillah Muhammad AsSanusi,

Kitab yang ditulis: Kitab Al Aqidatul Kubro dll.



19. Al Bajury

Kitab yang ditulis: KitabJauhar tauhuid dll.



20. Ad Dasuqy

Kitab yang ditulis: KitabUmmul Barohin, dll.



21. Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

Kitab yang ditulis: Kitab Sarahjurumiyah, Sarah Al Fiyah, dll.



22. Syekh Ahmad Khatib Sambassy Kalimantan

Kitab yang ditulis: KitabFathul ‘Arifin, dll.



23. Syeikh Nawawi al-Bantani

Kitab yang ditulis: Syarah Safinatunnaja, Sarah Sulamutaufiq, dll.

Mayoritas Ulama Di Indonesia memakai Karangan Syeikh Nawawi Albantaniy sebagai Kitab Rujukan.



24. Mahfudz At-Tarmasi

Murid beliau:



    Arsyad Banjarmasin

    KH Cholil Bangkalan

    Abdi Shomad Palembang





25. KH Hasyim Asy’ari


PENERUS BELIAU


Murid



Sejak beliau menjadi pengasuh pondok pesantren di Bangkalan, Madura, banyak pemimpin umat dan bangsa yang banyak di persiapkan oleh beliau. Murid beliau yang menonjol antara lain:



 -   KH Hasyim Asy’ari (pendiri Pondok-pesantren Tebuireng, Jombang, dan pengasas Nahdhatul Ulama)


-   KH Abdul Wahab Hasbullah (pendiri Pondok-pesantren Tambakberas, Jombang)


-  KH Bisri Syansuri (pendiri Pondok-pesantren Denanyar)


-  KH Makshum (pendiri Pondok-pesantren Lasem, Rembang, adalah ayahanda Kyai Haji Ali Ma’shum)


-  KH Bisri Mustofa (Pendiri, Pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Beliau juga dikenal sebagai mufassir Al Quran. Kitab tafsirnya dapat dibaca sampai sekarang, berjudul “Al-Ibriz” sebanyak 3 jilid tebal berhuruf jawa pegon.)


- KH R As’ad Syamsul Arifin (pengasuh Pondok-pesantren Asembagus, Situbondo).

- KH Fathul Bari (Thariqat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Muzhariyah). Kyai Haji Fathul Bari yang tersebut sangat ramai muridnya di Madura, Jawa dan Kalimantan Barat. Sebagaimana gurunya, Kyai Haji Fathul Bari juga dikatakan banyak melahirkan kekeramatan. Kubur beliau terletak di Kampung Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat.
 
- KH Muhammad Siddiq : Pendiri, Pengasuh Pesantren Siddiqiyah, Jember.


- KH Muhammad Hasan Genggong : Pendiri, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong. Pesantren ini memiliki ribuan santri dari seluruh penjuru Indonesia.


- KH Zaini Mun’im : Pendiri, Pengasuh Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Pesantren ini juga tergolong besar, memiliki ribuan santri dan sebuah Universitas yang cukup megah.


- KH Abdullah Mubarok : Pendiri, Pengasuh Pondok , kini dikenal juga menampung pengobatan para morphinis.


- KH Asy’ari : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Darut Tholabah, Wonosari Bondowoso.


- KH Abi Sujak : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Astatinggi, Kebun Agung, Sumenep.


- KH Ali Wafa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Temporejo, Jember. Pesantren ini mempunyai ciri khas yang tersendiri, yaitu keahliannya tentang ilmu nahwu dan sharaf.


- KH Mustofa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Macan Putih, Blambangan


- KH Usmuni : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Pandean Sumenep.


    KH Karimullah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Curah Damai, Bondowoso.


- KH Manaf Abdul Karim : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.


- KH Munawwir : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta.


- KH Khozin : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Buduran, Sidoarjo.


- KH Nawawi : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Pesantren ini sangat berwibawa. Selain karena prinsip salaf tetap dipegang teguh, juga sangat hati-hati dalam menerima sumbangan. Sering kali menolak sumbangan kalau patut diduga terdapat subhat.


- KH Abdul Hadi : Lamongan.

- KH Zainudin : Nganjuk

- KH Abdul Fatah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Tulungagung

- KH Zainul Abidin : Kraksan Probolinggo.

- KH Munajad : Kertosono

- KH Romli Tamim : Rejoso jombang

- KH Muhammad Anwar : Pacul Bawang, Jombang

- KH Abdul Madjid : Bata-bata, Pamekasan, Madura

- KH Abdul Hamid bin Itsbat, banyuwangi

- KH Muhammad Thohir Jamaluddin : Sumber Gayam, Madura.

- KH Zainur Rasyid : Kironggo, Bondowoso

- KH Hasan Mustofa : Garut Jawa Barat

- KH Raden Fakih Maskumambang : Gresik]

- Sayyid Ali Bafaqih : Pendiri, pengasuh Pesantren Loloan Barat, Negara, Bali.



Keturunan


- Ra Lilur (Cicit)

JASA DAN KARYA BELIAU


Menyebarkan Ilmu ke Tanah Air



Sepulangnya dari Tanah Arab (tak ada catatan resmi mengenai tahun kepulangannya), Mbah Cholil dikenal sebagai seorang ahli Fiqh dan Tarekat. Bahkan pada akhirnya, dia pun dikenal sebagai salah seorang Kyai yang dapat memadukan kedua hal itu dengan serasi. 

Dia juga dikenal sebagai al-Hafidz (hafal Al-Qur’an 30 Juz). Hingga akhirnya, Mbah Cholil dapat mendirikan sebuah pesantren di daerah Cengkubuan, sekitar 1 Kilometer Barat Laut dari desa kelahirannya.



Dari hari ke hari, banyak santri yang berdatangan dari desa-desa sekitarnya. Namun, setelah putrinya, Siti Khatimah dinikahkan dengan keponakannya sendiri, yaitu Kyai Muntaha; pesantren di Desa Cengkubuan itu kemudian diserahkan kepada menantunya. Mbah Cholil sendiri mendirikan pesantren lagi di daerah Kademangan, hampir di pusat kota; sekitar 200 meter sebelah Barat alun-alun kota Kabupaten Bangkalan. Letak Pesantren yang baru itu, hanya selang 1 Kilometer dari Pesantren lama dan desa kelahirannya.



Di tempat yang baru ini, Mbah Cholil juga cepat memperoleh santri lagi, bukan saja dari daerah sekitar, tetapi juga dari Tanah Seberang Pulau Jawa. Santri pertama yang datang dari Jawa tercatat bernama Hasyim Asy’ari, dari Jombang.



Di sisi lain, Mbah Cholil di samping dikenal sebagai ahli Fiqh dan ilmu Alat (nahwu dan sharaf), beliau juga dikenal sebagai orang yang “waskita,” weruh sak durunge winarah (tahu sebelum terjadi). Malahan dalam hal yang terakhir ini, nama Mbah Cholil lebih dikenal.


Melawan Penjajah



Pada masa hidup Mbah Cholil, terjadi sebuah penyebaran Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah di daerah Madura. Mbah Cholil sendiri dikenal luas sebagai ahli tarekat. Masa hidup Mbah Cholil, tidak luput dari gejolak perlawanan terhadap penjajah. Tetapi, dengan caranya sendiri Mbah Cholil melakukan perlawanan.



Pertama: beliau melakukannya dalam bidang pendidikan. Dalam bidang ini, Mbah Cholil mempersiapkan murid-muridnya untuk menjadi pemimpin yang berilmu, berwawasan, tangguh dan mempunyai integritas, baik kepada agama maupun bangsa. Ini dibuktikan dengan banyaknya pemimpin umat dan bangsa yang lahir dari tangannya; salah satu diantaranya adalah KH Hasyim Asy’ari, Pendiri Pesantren Tebuireng.



Kedua: Mbah Cholil tidak melakukan perlawanan secara terbuka, melainkan beliau lebih banyak berada di balik layar. Realitas ini tergambar, bahwa beliau tak segan-segan untuk memberi suwuk (mengisi kekuatan batin, tenaga dalam) kepada pejuang. Mbah Cholil pun tidak keberatan pesantrennya dijadikan tempat persembunyian.



Ketika pihak penjajah mengetahuinya, Mbah Cholil ditangkap dengan harapan para pejuang menyerahkan diri. Tetapi, ditangkapnya Mbah Cholil, malah membuat pusing pihak Belanda, karena ada kejadian-kejadian yang tidak bisa mereka mengerti, seperti tidak bisa dikuncinya pintu penjara, sehingga mereka harus berjaga penuh supaya para tahanan tidak melarikan diri. 

Di hari-hari selanjutnya, ribuan orang datang ingin menjenguk dan memberi makanan kepada Mbah Cholil, bahkan banyak yang meminta ikut ditahan bersamanya. Kejadian tersebut menjadikan pihak Belanda dan sekutunya merelakan Mbah Cholil untuk dibebaskan saja.



Mbah Cholil adalah seorang ulama yang benar-benar bertanggung jawab terhadap pertahanan, kekukuhan dan maju-mundurnya agama Islam dan bangsanya. Beliau sadar benar bahwa pada zamannya, bangsanya adalah dalam suasana terjajah oleh bangsa asing yang tidak seagama dengan yang dianutnya.


Kiprahnya dalam Pembentukan NU



Peran Mbah Cholil dalam melahirkan NU pada dasarnya tidak dapat diragukan lagi. Hal ini didukung dari suksesnya salah satu dari muridnya, KH Hasyim Asy’ari, menjadi tokoh dan panutan masyarakat NU. Namun demikian, satu yang perlu digarisbawahi bahwa Mbah Cholil bukanlah tokoh sentral dari NU, karena tokoh tersebut tetap pada KH Hasyim Asy’ari sendiri.



Mengulas kembali ringkasan sejarah mengenai pembentukan NU, ini berawal pada tahun 1924, saat di Surabaya terdapat sebuah kelompok diskusi yang bernama Tashwirul Afkar (potret pemikiran), yang didirikan oleh salah seorang Kyai muda yang cukup ternama pada waktu itu: KH Abdul Wahab Hasbullah, kelompok ini lahir dari kepedulian para ulama terhadap gejolak dan tantangan yang di hadapi umat Islam kala itu, baik mengenai praktik-praktik keagamaan maupun dalam bidang pendidikan dan politik.



Pada perkembangannya kemudian, peserta kelompok diskusi ingin mendirikan Jam’iyah (organisasi) yang ruang lingkupnya lebih besar daripada hanya sebuah kelompok diskusi. Maka, dalam berbagai kesempatan, Kyai Wahab selalu menyosialisasikan ide untuk mendirikan Jam’iyah itu. Dan hal ini tampaknya tidak ada persoalan, sehingga diterima dengan cukup baik ke semua lapisan. Tak terkecuali dari KH Hasyim Asy’ari, Kyai yang paling berpengaruh pada saat itu.



Namun, KH Hasyim Asy’ari awalnya tidak serta-merta menerima dan merestui ide tersebut. Terbilang hari dan bulan, KH Hasyim Asy’ari melakukan shalat istikharah untuk memohon petunjuk Allah, namun petunjuk itu tak kunjung datang. Sementara itu, Mbah Cholil, guru KH Hasyim Asy’ari, yang juga guru KH Abdul Wahab Hasbullah, diam-diam mengamati kondisi itu, dan ternyata beliau langsung tanggap, dan meminta seorang santri yang masih terbilang cucunya sendiri, dipanggil untuk menghadap kepadanya.



“Saat ini Kyai Hasyim sedang resah, antarkan dan berikan tongkat ini kepadanya!” Kata Mbah Cholil sambil menyerahkan sebuah tongkat.

“Baik, Kyai,” Jawab As’ad sambil menerima tongkat itu.

“Bacakanlah kepada Kyai Hasyim ayat-ayat ini: Wamaa tilka biyamiinika yaa Muusaa, Qaala hiya ‘ashaaya atawakka-u ‘alaihaa wa abusyyu bihaa ‘alaa ghanami waliya fiihaa ma-aaribu ukhraa. Qaala alqihaa yaa Muusa. Fa-alqahaa faidzaa hiya hayyatun tas’aa. Qaala Khudzhaa wa laa takhaf sanu’iiduhaa shirathal uulaa wadhumm yadaka ila janaahika takhruj baidhaa-a min ghairi suu-in aayatan ukhraa linuriyaka min aayatil kubraa,” Pesan Mbah Cholil.



As’ad segera pergi ke Tebuireng, ke kediaman Kyai Hasyim, dan di situlah berdiri pesantren yang diasuh oleh Kyai Hasyim. Mendengar ada utusan Mbah Cholil datang, Kyai Hasyim menduga pasti ada sesuatu, dan ternyata dugaan tersebut benar adanya.



“Kyai, saya diutus Kyai Cholil untuk mengantarkan dan menyerahkan tongkat ini kepada Kyai,” Kata As’ad, pemuda berusia sekitar 27 tahun itu, sambil mengeluarkan sebuah tongkat, dan Kiai Hasyim langsung menerimanya dengan penuh perasaan.



“Ada lagi yang harus kau sampaikan?” Tanya Kyai Hasyim.

“Ada Kyai,” Jawab As’ad. Kemudian beliau menyampaikan ayat yang disampaikan Mbah Cholil.



Mendengar ayat yang dibacakan As’ad, hati Kyai Hasyim tergetar. Matanya menerawang, terbayang wajah Mbah Cholil yang tua dan bijak. Kyai Hasyim menangkap isyarat, bahwa gurunya tidak keberatan kalau beliau dan teman-temannya mendirikan Jam’iyah. Sejak saat itu, keinginan untuk mendirikan Jam’iyah semakin dimatangkan.



Hari berganti hari, bulan berganti bulan, setahun telah berlalu, namun Jam’iyah yang diidamkan itu tak kunjung lahir. Sampai pada suatu hari, pemuda As’ad muncul lagi.



“Kyai, saya diutus oleh Kyai Cholil untuk menyampaikan tasbih ini,” As’ad. “Kyai juga diminta untuk mengamalkan Yaa Jabbaar, Yaa Qahhaar (lafadz Asma’ul Husna) setiap waktu,” Tambah As’ad.



Sekali lagi, pesan gurunya diterima dengan penuh perasaan. Kini hatinya semakin mantap untuk mendirikan Jam’iyah. Namun, sampai tak lama setelah itu, Mbah Cholil meninggal, dan keinginan untuk mendirikan Jam’iyah belum juga bisa terwujud.



Baru setahun kemudian, tepatnya 16 Rajab 1344 H, “jabang bayi” yang ditunggu-tunggu itu lahir dan diberi nama Jam’iyah Nahdlatul Ulama ( NU). Dan di kemudian hari, jabang bayi itu pun menjadi “raksasa”.



Tapi, bagaimana Kyai Hasyim menangkap isyarat adanya restu dari Mbah Cholil untuk mendirikan NU dari sepotong tongkat dan tasbih? Tidak lain dan tak bukan karena tongkat dan tasbih itu diterimanya dari Mbah Cholil, seorang Kyai alim yang diyakini sebagai salah satu Wali Allah.


Tarekat dan Fiqh



Mbah Cholil adalah salah satu Kyai yang belajar lebih daripada satu madzhab saja. Akan tetapi, di antara madzhab-madzhab yang ada, beliau lebih mendalami madzhab Syafi’i di dalam ilmu fiqh.



Pada masa kehidupan Mbah Cholil, yaitu akhir abad-19 dan awal abad-20, di daerah Jawa, khususnya Madura, sedang terjadi perdebatan antara dua golongan pada saat itu. Pada awal abad-20, seperti telah diungkapkan sebelumnya, di daerah Jawa sedang terjadi penyebaran ajaran Tarekat Naqsyabandiyah, Qadiriyah wa-Naqsyabandiyah, Naqsyabandiyah Muzhariyah dan lain-lain.



Akan tetapi, tidaklah dapat dipungkiri mengenai keterlibatan Mbah Cholil dalam tarekat, terbukti bahwa Mbah Cholil dikenal pertama kali dikarenakan kelebihannya dalam hal tarekat, dan juga memberikan dan mengisi ilmu-ilmu kanuragan kepada para pejuang.



Di sisi lain, Mbah Cholil pun diakui sebagai salah satu Kyai yang dapat menggabungkan tarekat dan fiqh, yang kebanyakan ulama pada saat itu melihat dua hal tersebut bertentangan seperti Syeikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, salah satu ulama yang notabene seangkatan dengan Mbah Cholil.



Memang, Mbah Cholil hidup pada masa penyebaran tarekat begitu gencar-gencarnya, sehingga kebanyakan ulama pada saat itu, mempunyai dan memilki ilmu-ilmu kanuragan, dan tidak terkecuali Mbah Cholil. Namun demikian, perbedaan antara Mbah Cholil dengan kebanyakan Kyai yang lainnya, bahwa Mbah Cholil tidak sampai mengharamkan atau pun menyebutnya sebagai perlakuan syirik dan bid’ah bagi penganut tarekat. Mbah Cholil justru meletakkan dan menggabungkan antara keduanya (tarekat dan fiqh).



Dalam penggabungan dua hal ini, Mbah Cholil mendudukkan tarekat di bawah fiqh, sehingga ajaran-ajaran tarekat mempunyai batasan-batasan tersendiri yaitu fiqh. Selain itu, ajaran tarekat juga tidak menjadi ajaran yang tanpa ada batasannya. Namun, yang cukup disayangkan adalah, tidak banyaknya referensi yang menjelaskan tentang cara atau pun pola-pola dalam penggabungan tarekat dan fiqh oleh Mbah Cholil tersebut.


Jalur Pengasuhan Pesantren



Oleh sebab Kyai Muhammad Cholil cukup lama belajar di beberapa pondok-pesantren di Jawa dan Mekah, maka sewaktu pulang dari Mekah, beliau terkenal sebagai ahli/pakar nahu, fikah, thariqat ilmu-ilmu lainnya. Untuk mengembangkan pengetahuan keislaman yang telah diperolehnya, Kyai Muhammad Khalil selanjutnya mendirikan pondok-pesantren di Desa Cengkebuan, sekitar 1 kilometer arah Barat Laut dari desa kelahirannya. 

Pondok-pesantren tersebut kemudian diserahkan pimpinannya kepada anak saudaranya, sekaligus adalah menantunya, ialah Kyai Muntaha. Kyai Muntaha ini berkahwin dengan anak Kyai Muhammad Khalil bernama Siti Khatimah. Adapun beliau sendiri (Kyai Khalil) mendirikan pondok-pesantren yang lain di Kota Bangkalan, letaknya sebelah Barat kota tersebut dan tidak berapa jauh dari pondok-pesantrennya yang lama.



Jejak dan langkahnya dalam mengasus para santrinya tetap menjadi monumen pada pejuang penerus dan pengikutnya, hingga di Indonesia kini ada 6.000 lebih pondok pesantren yang sebagian besar mempunyai hubungan budaya dengan NU.



KISAH TELADAN BELIAU


Santri yang Mandiri



Sebenarnya, bisa saja Mbah Cholil muda tinggal di Sidogiri selama nyantri kepada Kyai Nur Hasan, tetapi ada alasan yang cukup kuat bagi dia untuk tetap tinggal di Keboncandi, meskipun Mbah Cholil muda sebenarnya berasal dari keluarga yang dari segi perekonomiannya cukup berada. Ini bisa ditelisik dari hasil yang diperoleh ayahnya dalam bertani.



Akan tetapi, Mbah Cholil muda tetap saja menjadi orang yang mandiri dan tidak mau merepotkan orangtuanya. Karena itu, selama nyantri di Sidogiri, Mbah Cholil tinggal di Keboncandi agar bisa nyambi menjadi buruh batik. Dari hasil menjadi buruh batik itulah dia memenuhi kebutuhannya sehari-hari.



Sewaktu menjadi Santri Mbah Cholil telah menghafal beberapa matan, seperti Matan Alfiyah Ibnu Malik (Tata Bahasa Arab). Di samping itu beliau juga seorang Hafidz Al-Quran. Beliau mampu membaca Al-Qur’an dalam Qira’at Sab’ah (tujuh cara membaca Al-Quran).



Kemandirian Mbah Cholil muda juga nampak ketika beliau berkeinginan untuk menimba ilmu ke Mekkah. Karena pada masa itu, belajar ke Mekkah merupakan cita-cita semua santri. Dan untuk mewujudkan impiannya kali ini, lagi-lagi Mbah Cholil muda tidak menyatakan niatnya kepada orangtuanya, apalagi meminta ongkos kepada kedua orangtuanya.


Membaca Yasin berkali-kali



Pada saat beliau masih menuntut ilmu di pondok pesantren Kebon Candi dan belajar di KH Nur Hasan harus dilakukan dengan cara tidak menetap, atau kalau dalam dunia santri di sebut santri kalong. Jarak antara pondok pesantren Kebon Candi dan Rumah Kiai Nur Hasan sekitar 7 km. selama perjalanan itu, beliau sambil membaca surat yasin sampai tamat berkali-kali.


Mensiasati Makan Gratis



Kyai Cholil muda adalah sosok pemuda yang mandiri. Pada saat itu, dirinya ingin melanjutkan menuntut ilmu ke Mekah, Arab Saudi. Tetapi tidak ingin meminta biayanya kepada orang tua. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kiai Cholil sebelum berangkat ke Mekah terlebih dahulu ngaji di pondok pesantren Banyuwangi. Di pondok tersebut, beliau juga bekerja di kebun pengasuh pondok. 

Dengan bekerja di kebun sebagai pemetik buah kelapa, beliau di bayar 2,5 sen setiap pohon kelapa. Dengan penghasilan tersebut, uang yang didapatkannya di tabung untuk biaya menuntut ilmu ke Mekah. Selain itu, untuk makan sehari-hari, beliau menjadi khodim di dalem pondok pesantren dengan mengisi bak mandi, mencuci pakaian dan melakukan pekerjaan yang lain. selain itu, Kiai Cholil juga menjadi juru masak bagi teman-temannya, dengan seperti itu dirinya bisa mendapatkan makan dengan gratis.


Hati-hati Ada Macan (Kisah Kehadiran KH Abdul Wahab Hasbullah)



Pada suatu hari di bulan Syawal, KH Kholil memanggil semua santri, kemudian beliau mengatakan; “Santri-santri sekalian.!! Untuk saat ini kalian harus memperketat penjagaan pondok. Karena tidak lama lagi, akan ada macan masuk ke pondok kita”.



Sejak itu, setiap hari semua santri melakukan penjagaan yang ketat di pondok pesantren. Hal ini dilakukan karena di dekat pondok pesantren ada hutan yang konon angker dan berbahaya, sehingga kuatir jika yang di maksud macan akan muncul dari hutan tersebut. 

Setelah beberapa hari ternyata macan yang di tunggu-tunggu tidak juga muncul juga, sampai akhirnya sampai di minggu ke tiga sampai juga belum muncul. Setelah masuk di minggu ke 3, Kyai Cholil memerintahkan santri-santri untuk berjaga-jaga ketika ada pemuda kurus, tidak terlalu tinggi dan membawa tas koper seng masuk ke komplek pondok pesantren.



Begitu sampai di depan rumah Kyai Cholil mengucapkan salam “ Assalamu’alaikum” ucap pemuda tersebut. Mendengar salam pemuda tersebut, Kyai Cholil justru malah berteriak memanggil santri-santrinya.



“ Hai santri-santri, ada macan.. macan.. ayo kita kepung, jangan sampai masuk kepondok” teriak Kiai Kholil. Mendengar teriakan kiai Kholil, serentak para santri berhamburan membawa apa saja yang bisa dibawa untuk mengusir pemuda tersebut yang dianggap Macan. Para santri yang sudah membawa pedang, celurit, tongkat, dan apa saja mengerubuti “macan” yang tidak lain adalah pemuda tersebut. Muka pemuda tersebut menjadi pucat pasi ketakutan. Karena tidak ada jalan lain, akhirnya pemuda tersebut lari meninggalakn komplek pondok tersebut.



Karena tingginya semangat untuk nyantri ke pondok yang diasuh oleh Kiai Kholil, keesokan harinya pemuda itu mencoba memasuki pesantren lagi. Meskipun begitu, dirinya tetap memperoleh perlakuan yang sama seperti sebelumnya. Karena rasa takut dan kelelahan akhirnya pemuda tersebut tidur di bawah kentongan yang ada di mussola pondok pesantren. Ketika tengah malam, dirinya dibangunkan dan dimarah-marahi oleh Kiai Kholil. Namun demikian, setelah itu dirinya diajak oleh Kyai Cholil kerumah dan dinyatakan sebagai salah satu santri dari pondok yang beliau pimpin. Sejak itu, remaja tersebut sebagai santri pondok. Pemuda yang dimaksud diatas adalah Abdul Wahab atau Abdul Wahab Hasbullah yang menjadi salah satu pendiri NU. Ternyata apa yang dikatakan oleh Kiai Kholil, akhirnya Abdul Wahab Hasbullah benar-benar menjadi “ Macan” NU.


Minta Didoakan Cepat Kaya



Pada suatu waktu, Kyai Cholil mempunyai tamu yang berasal dari keturunan tionghoa yang terkenal dengan panggilan Koh Bun Fat, datang untuk keperluan pribadinya. “Kiai, saya minta didoakan agar cepat kaya, karena aku sudah bosan hidup miskin”. Kata Koh Fat yang sedang miskin. Setelah mendengar niat tamunya tersebut, Kyai Cholil meminta Koh Bun Fat untuk mendekat. Setelah mendekat, Kyai Cholil memegang kepala Koh Bun Fat dan memegangnya erat-erat sambil mengucapkan. “Saatu lisanatan, Howang-howang, Howing-Howing. Pak uwang huwang nuwang. Tur kecetur salang kecetur, sugih.. sugih..sugih!”. 

Saat itu diucapkan oleh kiai Kholil, tidak ada satupun yang ada memahami makna apa yang diucapkan oleh Kiai Kholil. Namun, dengan kata tanpa makna itu, Koh Bun Fat justru beerubah menjadi pengusaha Tionghoa yang kaya raya.


Pintu Rusak



Pada masa penjajahan, ada beberapa pejuang jawa yang bersembunyi di komplek pesantren Demangan. Ternyata hal itu diketahui oleh penjajah Belanda, sehingga mengirim tentara untuk memeriksa pondok tersebut. Tetapi karena tidak menemukan para pejuang tersebut, Akhirnya mereka menangkap Kiai Kholil. Belanda berharap dengan seperti itu, para pejuang jawa akan menyerahkan diri. Tetapi yang terjadi malah membingungkan belanda karena banyaknya kejadian yang terjadi terkesan aneh dan ganjil. Mula-mula, semua pintu tahanan tidak bisa ditutup.

Ketika Kyai Cholil di masukan ketahanan. Hal ini membuat tentara belanda harus berjaga siang dan malam agar tahanan tidak kabur. Hari-hari selanjutnya, ribuan orang dari Madura dan jawa mengunjungi Kyai Cholil dengan membawakan makanan. Kejadian tersebut tentu membuat Belanda pusing, akhirnya Belanda membuat peraturan dilarang mengunjungi kiai Cholil. Ternyata peraturan tersebut tidak menyelesaikan masalah, karena mereka yang datang akhirnya berkerumun di sekitar rumah tahanan, bahkan ada yang meminta untuk ditahan bersama Kiai Cholil. Karena tidak ingin pusing dan masalah menjadi besar, akhirnya Kyai Cholil di bebaskan tanpa syarat apapun.


Tongkat dan Tasbih Ajaib



Berkaitan dengan cerita Kyai Cholil soal tongkat ajaib, kejadian ini berkaitan langsung dengan sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Pada saat itu, Kyai Wahab dalam berbagai kesempatan selalu menyosialisasikan ide untuk mendirikan jam’iayah atau organisasi. Sebenarnya semenjak ide tersebut disosialisasikan, tidak ada masalah yang menghalangi kecuali restu dari KH Hasym Asy’ary. Karena beliau adalah guru dari Kyai Wahab sehingga dirinya merasa perlu mendapatkan restu langsung. Ketika gagasan tersebut dsampaikan, ternyata tidak langsung di setujui. KH Hasyim Asy’ari perlu berhari-hari dan bulan untuk melakukan sholat Istikharah memohon petunjuk dari Allah, namun harapan itu tidak kunjung datang.



Kyai Cholil sebagai guru KH Hasyim Asy’ari mengamati kondisi tersebut. Kemudian beliau mengutus seorang santri yang juga masih cucunya sendiri, As’ad untuk menghadapnya. “Saat ini Kiai Hasyim sedang resah, oleh karena itu, antar dan berikan lah tongkat ini kepadanya” Kata Kyai Cholil sambil memberikan tongkat yang dimaksud. “dan jangan lupa bacakan ayat ini surat thoha As’ad.



Setelah itu, As’ad kemudian pergi ke Jombang untuk menyampaikan pesan yang di bawanya serta menyampaikan tongkat. Hari berganti bulan dan bersama perjalanan waktu, organisasi yang sudah dirintis oleh Kyai Wahab belum juga terbentuk, sehingga Kyai Cholil mengutus As’ad yang kedua kali dengan membawakan tasbih dan meminta KH Hasyim Asy’ari untuk mengamalkan Asmaul Husna yang berbuyi “Ya-Jabbar- Ya Qohhar”. Setelah berjuang di bantu oleh kiai-kiai lain, akhirnya nahdlatul Ulama berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344 H/ 31 Januari 1926, atau tepat 1 tahun setelah KH Cholil wafat yang jatuh pada tanggal 29 Romadhon 1343 H.


Karomah Kewalian


Ulama besar yang digelar oleh para Kyai sebagai “Syaikhuna” yakni guru kami, karena kebanyakan Kyai-Kyai dan pengasas pondok pesantren di Jawa dan Madura pernah belajar dan nyantri dengan beliau. Pribadi yang dimaksudkan ialah Mbah Cholil. Tentunya dari sosok seorang Ulama Besar seperti Mbah Cholil mempunyai karomah.



Istilah karomah berasal dari bahasa Arab. Secara bahasa berarti mulia, Syeikh Thahir bin Shaleh Al-Jazairi dalam kitab Jawahirul Kalamiyah mengartikan kata karomah adalah perkara luar biasa yang tampak pada seorang wali yang tidak disertai dengan pengakuan seorang Nabi.



KAROMAH BELIAU


Lebah Gaib



Kekeramatan Mbah Cholil, yang sangat terkenal adalah pasukan lebah gaib. Dalam situasi kritis, beliau bisa mendatangkan pasukan lebah untuk menyerang musuh. Ini sering beliau perlihatkan semasa perang melawan penjajah. Termasuk saat peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.



KH Ghozi menambahkan, dalam peristiwa 10 November 1945, Mbah Cholil, bersama Kyai-Kyai besar seperti Bisri Syansuri, Hasyim Asy’ari, Kyai Wahab dan Mbah Abas Buntet Kota Cirebon, mengerahkan semua kekuatan gaibnya untuk melawan tentara Sekutu.



Hizib-hizib yang mereka miliki, dikerahkan semua untuk menghadapi lawan yang bersenjatakan lengkap dan modern.



Sebutir kerikil atau jagung pun, di tangan Kyai-Kyai itu bisa difungsikan menjadi bom berdaya ledak besar. Tak ketinggalan, Mbah Cholil mengacau konsentrasi tentara Sekutu dengan mengerahkan pasukan lebah gaib piaraannya. Disaat ribuan ekor lebah menyerang, konsentrasi lawan buyar. Saat konsentrasi lawan buyar itulah, pejuang kita gantian menghantam lawan.



“Hasilnya terbukti, dengan peralatan sederhana, kita bisa mengusir tentara lawan yang senjatanya super modern. Tapi sayang, peran ulama yang mengerahkan kekuatan gaibnya itu, tak banyak dipublikasikan,” Papar KH Ghozi, cucu KH Abdul Wahab Hasbullah ini.


Membelah Diri



Kesaktian lain dari Mbah Cholil, adalah kemampuannya membelah diri. Dia bisa berada di beberapa tempat dalam waktu bersamaan. Pernah ada peristiwa aneh saat beliau mengajar di pesantren. Saat berceramah, Mbah Cholil melakukan sesuatu yang tak terpantau mata. ”Tiba-tiba baju dan sarung beliau basah kuyup,” Cerita KH Ghozi.



Para santri heran. Sedangkan beliau sendiri cuek, tak mau menceritakan apa-apa. Langsung ngeloyor masuk rumah, ganti baju.



Teka-teki itu baru terjawab setengah bulan kemudian. Ada seorang nelayan sowan ke Mbah Cholil. Dia mengucapkan terimakasih, karena saat perahunya pecah di tengah laut, langsung ditolong Mbah Cholil.



”Kedatangan nelayan itu membuka tabir. Ternyata saat memberi pengajian, Mbah Cholil dapat pesan agar segera ke pantai untuk menyelamatkan nelayan yang perahunya pecah. Dengan karomah yang dimiliki, dalam sekejap beliau bisa sampai laut dan membantu si nelayan itu,” Papar KH Ghozi yang kini tinggal di Wedomartani Ngemplak Sleman ini.


Menyembuhkan Orang Lumpuh Seketika



Dalam buku yang berjudul “Tindak Lampah Romo Yai Syeikh Ahmad Jauhari Umar” menerangkan bahwa Mbah Cholil Bangkalan termasuk salah satu guru Romo Yai Syeikh Ahmad Jauhari Umar yang mempunyai karomah luar biasa. Diceritakan oleh penulis buku tersebut sebagai berikut:



“Suatu hari, ada seorang keturunan Cina sakit lumpuh, padahal beliau sudah dibawa ke Jakarta tepatnya di Betawi, namun belum juga sembuh. Lalu beliau mendengar bahwa di Madura ada orang sakti yang bisa menyembuhkan penyakit. Kemudian pergilah beliau ke Madura yakni ke Mbah Cholil untuk berobat. beliau dibawa dengan menggunakan tandu oleh 4 orang, tak ketinggalan pula anak dan istrinya ikut mengantar.



Di tengah perjalanan beliau bertemu dengan orang Madura yang dibopong karena sakit (kakinya kerobohan pohon). Lalu mereka sepakat pergi bersama-sama berobat ke Mbah Cholil. Orang Madura berjalan di depan sebagai penunjuk jalan. Kira-kira jarak kurang dari 20 meter dari rumah Mbah Cholil, muncullah Mbah Cholil dalam rumahnya dengan membawa pedang seraya berkata: "Mana orang itu?!! Biar saya bacok sekalian."



Melihat hal tersebut, kedua orang sakit tersebut ketakutan dan langsung lari tanpa beliau sadari sedang sakit. Karena Mbah Cholil terus mencari dan membentak-bentak mereka, akhirnya tanpa disadari, mereka sembuh. Setelah Mbah Cholil wafat kedua orang tersebut sering ziarah ke makam beliau.


Kisah Pencuri Timun Tidak Bisa Duduk



Pada suatu hari petani timun di daerah Bangkalan sering mengeluh. Setiap timun yang siap dipanen selalu kedahuluan dicuri maling. Begitu peristiwa itu terus-menerus, akhirnya petani timun itu tidak sabar lagi. Setelah bermusyawarah, maka diputuskan untuk sowan ke Mbah Cholil. Sesampainya di rumah Mbah Cholil, sebagaimana biasanya Kyai tersebut sedang mengajarkan kitab Nahwu. Kitab tersebut bernama Jurumiyah, suatu kitab tata bahasa Arab tingkat pemula.



“Assalamu’alaikum, Kyai,” Ucap salam para petani serentak.

“Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,“ Jawab Mbah Cholil.

Melihat banyaknya petani yang datang. Mbah Cholil bertanya: “Sampean ada keperluan, ya?”

“Benar, Kyai. Akhir-akhir ini ladang timun kami selalu dicuri maling, kami mohon kepada Kyai penangkalnya,” Kata petani dengan nada memohon penuh harap.



Ketika itu, kitab yang dikaji oleh Kyai kebetulan sampai pada kalimat “qoma zaidun” yang artinya “zaid telah berdiri”. Lalu serta-merta Mbah Cholil berbicara sambil menunjuk kepada huruf “qoma zaidun”.

“Ya.., Karena pengajian ini sampai ‘qoma zaidun’, ya ‘qoma zaidun’ ini saja pakai sebagai penangkal,” Seru Kyai dengan tegas dan mantap.

“Sudah, Pak Kyai?” Ujar para petani dengan nada ragu dan tanda tanya.

“Ya sudah,” Jawab Mbah Cholil menandaskan.



Mereka puas mendapatkan penangkal dari Mbah Cholil. Para petani pulang ke rumah mereka masing-masing dengan keyakinan kemujaraban penangkal dari Mbah Cholil.



Keesokan harinya, seperti biasanya petani ladang timun pergi ke sawah masing-masing. Betapa terkejutnya mereka melihat pemandangan di hadapannya. Sejumlah pencuri timun berdiri terus-menerus tidak bisa duduk. Maka tak ayal lagi, semua maling timun yang selama ini merajalela diketahui dan dapat ditangkap. Akhirnya penduduk berdatangan ingin melihat maling yang tidak bisa duduk itu, semua upaya telah dilakukan, namun hasilnya sia-sia. Semua maling tetap berdiri dengan muka pucat pasi karena ditonton orang yang semakin lama semakin banyak.



Satu-satunya jalan agar para maling itu bisa duduk, maka diputuskan wakil petani untuk sowan ke Mbah Cholil lagi. Tiba di kediaman Mbah Cholil, utusan itu diberi obat penangkal. Begitu obat disentuhkan ke badan maling yang sial itu, akhirnya dapat duduk seperti sedia kala. Dan para pencuri itupun menyesal dan berjanji tidak akan mencuri lagi di ladang yang selama ini menjadi sasaran empuk pencurian.



Maka sejak saat itu, petani timun di daerah Bangkalan menjadi aman dan makmur. Sebagai rasa terima kasih kepada Mbah Cholil, mereka menyerahkan hasil panenannya yaitu timun ke pondok pesantren berdokar-dokar. Sejak itu, berhari-hari para santri di pondok kebanjiran timun, dan hampir-hampir di seluruh pojok-pojok pondok pesantren dipenuhi dengan timun.



Kisah Ketinggalan Kapal Laut



Kejadian ini pada musim haji. Kapal laut pada waktu itu, satu-satunya angkutan menuju Mekah. Semua penumpang calon haji naik ke kapal dan bersiap-siap, tiba-tiba seorang wanita berbicara kepada suaminya: “Pak, tolong saya belikan anggur, saya ingin sekali,” Ucap istrinya dengan memelas.



“Baik, kalau begitu. Mumpung kapal belum berangkat, saya akan turun mencari anggur,” Jawab suaminya sambil bergegas ke luar kapal.



Suaminya mencari anggur di sekitar ajungan kapal, nampaknya tidak ditemui penjual buah anggur seorangpun. Akhirnya dicobanya masuk ke pasar untuk memenuhi keinginan istrinya tercinta. Dan meski agak lama, toh akhirnya anggur itu didapat juga. 

Betapa gembiranya sang suami mendapatkan buah anggur itu. Dengan agak bergegas, dia segera kembali ke kapal untuk menemui isterinya. Namun betapa terkejutnya setelah sampai ke ajungan, kapal yang akan ditumpangi semakin lama semakin menjauh. Sedih sekali melihat kenyataan ini. beliau duduk termenung tidak tahu apa yang mesti diperbuat.



Di saat duduk memikirkan nasibnya, tiba-tiba ada seorang laki-laki datang menghampirinya. Dia memberikan nasihat: “Datanglah kamu kepada Mbah Cholil Bangkalan, utarakan apa musibah yang menimpa dirimu!” Ucapnya dengan tenang.



“Mbah Cholil?” Pikirnya. “Siapa dia, kenapa harus ke sana, bisakah dia menolong ketinggalan saya dari kapal?” Begitu pertanyaan itu berputar-putar di benaknya.



“Segeralah ke Mbah Cholil minta tolong padanya agar membantu kesulitan yang kamu alami, insya Allah,” Lanjut orang itu menutup pembicaraan.



Tanpa pikir panjang lagi, berangkatlah sang suami yang malang itu ke Bangkalan. Setibanya di kediaman Mbah Cholil, langsung disambut dan ditanya: “Ada keperluan apa?”



Lalu suami yang malang itu menceritakan apa yang dialaminya mulai awal hingga datang ke Mbah Cholil. Tiba-tiba Kyai itu berkata: “Lho, ini bukan urusan saya, ini urusan pegawai pelabuhan. Sana pergi!”



Lalu suami itu kembali dengan tangan hampa. Sesampainya di pelabuhan sang suami bertemu lagi dengan orang laki-laki tadi yang menyuruh ke Mbah Cholil, lalu bertanya: ”Bagaimana, sudah bertemu Mbah Cholil?”

“Sudah, tapi saya disuruh ke petugas pelabuhan,” Katanya dengan nada putus asa.

“Kembali lagi, temui Mbah Cholil!” Ucap orang yang menasehati dengan tegas tanpa ragu.



Maka sang suami yang malang itupun kembali lagi ke Mbah Cholil. Begitu dilakukannya sampai berulang kali. Baru setelah ketiga kalinya, Mbah Cholil berucap: “Baik kalau begitu, karena sampeyan ingin sekali, saya bantu sampeyan.”

“Terima kasih Kyai,” Kata sang suami melihat secercah harapan.

“Tapi ada syaratnya,” Ucap Mbah Cholil.

“Saya akan penuhi semua syaratnya,” Jawab orang itu dengan sungguh-sungguh.



Lalu Mbah Cholil berpesan: “Setelah ini, kejadian apapun yang dialami sampeyan jangan sampai diceritakan kepada orang lain, kecuali saya sudah meninggal. Apakah sampeyan sanggup?” Seraya menatap tajam.



“Sanggup Kyai,“ Jawabnya spontan.

“Kalau begitu ambil dan pegang anggurmu pejamkan matamu rapat-rapat,” Kata Mbah Cholil.



Lalu sang suami melaksanakan perintah Mbah Cholil dengan patuh. Setelah beberapa menit berlalu dibuka matanya pelan-pelan. Betapa terkejutnya dirinya sudah berada di atas kapal tadi yang sedang berjalan. Takjub heran bercampur jadi satu, seakan tak mempercayai apa yang dilihatnya. Digosok-gosok matanya, dicubit lengannya. Benar kenyataan, bukannya mimpi, dirinya sedang berada di atas kapal. Segera beliau temui istrinya di salah satu ruang kapal.



“Ini anggurnya, dik. Saya beli anggur jauh sekali,” Dengan senyum penuh arti seakan tidak pernah terjadi apa-apa dan seolah-olah datang dari arah bawah kapal.



Padahal sebenarnya dia baru saja mengalami peristiwa yang dahsyat sekali yang baru kali ini dialami selama hidupnya. Terbayang wajah Mbah Cholil. Dia baru menyadarinya bahwa beberapa saat yang lalu, sebenarnya dia baru saja berhadapan dengan seseorang yang memiliki karomah yang sangat luar biasa.


Belajar Secara Gaib



Mbah Cholil adalah guru utama yang mencetak banyak ulama besar di Jawa Timur. Sampai sekarang, meski sudah meninggal, banyak ulama yang mengaku belajar secara gaib dengan Mbah Cholil. Banyak cara dilakukan untuk belajar kitab secara gaib dari ulama tersohor ini. Salah satunya dengan berziarah serta bermalam di makam beliau.



Seperti pernah dikisahkan KH Anwar Siradj, pengasuh PP Nurul Dholam Bangil Pasuruan. Saat mempelajari kitab Alfiyah, beliau mengalami kesulitan. Padahal, kitab yang berupa gramatika Bahasa Arab tersebut, merupakan kunci untuk mendalami kitab-kitab lain.



KH Anwar Siradj sudah mencoba berguru kepada Kyai-Kyai besar di hampir semua penjuru Jawa Timur. Tapi hasilnya nihil. Suatu ketika, seperti dikisahkan Ustadz Muhammad Salim (santri Nurul Dholam), KH Anwar Siradj dapat petunjuk, agar mempelajari kitab Alfiyah di makam Mbah Cholil.



Petunjuk gaib itu pun dilaksanakan. Selama sebulan penuh KH Anwar Siradj ziarah di makam Mbah Cholil Bangkalan. Di makam itu dia mempelajari kitab Alfiyah. ”Akhirnya Kiai Anwar bisa menghafal Alfiyah,” Jelas Ustadz Salim.



Banyak ulama generasi sekarang yang meski tidak pernah ketemu fisik dan bahkan lahirnya jauh sesudah Mbah Cholil meninggal, mengakui kalau perintis dakwah di Pulau Madura ini adalah guru mereka. Bukan guru secara fisik, melainkan pembimbing secara batin.


Berguru dalam Mimpi



Pada waktu Mbah Cholil masih muda, ada seorang Kyai yang terkenal di daerah Wilungan, Pasuruan bernama Abu Darrin. Kealimannya tidak hanya terbatas di lingkungan Pasuruan, tetapi sudah menyebar ke berbagai daerah lain, termasuk Madura.



Mbah Cholil muda yang mendengar ada ulama yang mumpuni itu, terbetik di hatinya ingin menimba ilmunya. Setelah segala perbekalan dipersiapkan, maka berangkatlah Mbah Cholil muda ke pesantren Abu Darrin dengan harapan dapat segera bertemu dengan ulama yang dikagumi itu. Tetapi alangkah sedihnya ketika dia sampai di Pesantren Wilungan, ternyata Kyai Abu Darrin telah meninggal dunia beberapa hari sebelumnya. Hatinya dirundung duka dengan kepergian Kyai Abu Darrin. Namun karena tekad belajarnya sangat menggelora maka Mbah Cholil muda segera sowan ke makam Kyai Abu Darrin.



Setibanya di makam Abu Darrin, Mbah Cholil muda lalu mengucapkan salam lalu berkata: “Bagaimana saya ini Kyai, saya masih ingin berguru pada Kyai, tetapi Kyai sudah meninggal,” desah Mbah Cholil muda sambil menangis.



Mbah Cholil muda lalu mengambil sebuah mushaf Al-Quran. Kemudian bertawassul dengan membaca Al-Quran terus-menerus sampai 41 hari lamanya. Pada hari ke-41 tiba-tiba datanglah Kyai Abu Darrin dalam mimpinya. Dalam mimpi itu, Kyai Abu Darrin mengajarkan beberapa ilmunya kepada Mbah Cholil muda. Setelah dia bangun dari tidurnya, lalu Mbah Cholil muda serta-merta dapat menghafal kitab Imriti, Kitab Asmuni dan Kitab Alfiyah.


Santri Mimpi dengan Wanita



Pada suatu hari menjelang pagi, santri bernama Bahar dari Sidogiri merasa gundah, dalam benaknya tentu pagi itu tidak bisa shalat Shubuh berjamaah. Ketidakikutsertaan Bahar shalat Shubuh berjamaah bukan karena malas, tetapi disebabkan halangan junub. Semalam Bahar bermimpi tidur dengan seorang wanita. Sangat dipahami kegundahan Bahar. Sebab wanita itu adalah istri Mbah Cholil, gurunya.



Menjelang subuh, terdengar Mbah Cholil marah besar sambil membawa sebilah pedang seraya berucap: “Santri kurang ajar.., santri kurang ajar....!”



Para santri yang sudah naik ke masjid untuk sholat berjamaah merasa heran dan tanda tanya, apa dan siapa yang dimaksud santri kurang ajar itu.



Shubuh itu Bahar memang tidak ikut shalat berjamaah, tetapi bersembunyi di belakang pintu masjid. Seusai shalat Shubuh berjamaah, Mbah Cholil menghadapkan wajahnya kepada semua santri seraya bertanya: “Siapa santri yang tidak ikut berjamaah?” Ucap Mbah Cholil dengan nada menyelidik.



Semua santri merasa terkejut, tidak menduga akan mendapat pertanyaan seperti itu. Para santri menoleh ke kanan-kiri, mencari tahu siapa yang tidak hadir. Ternyata yang tidak hadir waktu itu hanyalah Bahar. Kemudian Mbah Cholil memerintahkan mencari Bahar dan dihadapkan kepadanya. Setelah diketemukan lalu dibawa ke masjid.



Mbah Cholil menatap tajam-tajam kepada Bahar seraya berkata: “ Bahar, karena kamu tidak hadir shalat Shubuh berjamaah maka harus dihukum. Tebanglah dua rumpun bambu di belakang pesantren dengan petok ini,” Perintah Mbah Cholil.



Petok adalah sejenis pisau kecil, dipakai menyabit rumput. Setelah menerima perintah itu, segera Bahar melaksanakan dengan tulus. Dapat diduga bagaimana Bahar menebang dua rumpun bambu dengan suatu alat yang sangat sederhana sekali, tentu sangat kesulitan dan memerlukan tenaga serta waktu yang lama sekali. Hukuman ini akhirnya diselesaikan dengan baik.



“Alhamdulillah, sudah selesai Kyai,” Ucap Bahar dengan sopan dan rendah hati.

“Kalau begitu, sekarang kamu makan nasi yang ada di nampan itu sampai habis!” Perintah Kyai kepada Bahar.



Sekali lagi santri Bahar dengan patuh menerima hukuman dari Mbah Cholil. Setelah Bahar melaksanakan hukuman yang kedua, santri Bahar lalu disuruh makan buah-buahan sampai habis yang ada di nampan yang telah tersedia. Mendengar perintah ini santri Bahar melahap semua buah-buahan yang ada di nampan itu. Setelah itu santri Bahar diusir oleh Mbah Cholil seraya berucap: “Hai santri, semua ilmuku sudah dicuri oleh orang ini,” Ucap Mbah Cholil sambil menunjuk ke arah Bahar.



Dengan perasaan senang dan mantap santri Bahar pulang meninggalkan pesantren Mbah Cholil menuju kampung halamannya. Memang benar, tak lama setelah itu, santri yang mendapat isyarat mencuri ilmu Mbah Cholil itu, menjadi Kyai yang sangat alim, yang memimpin sebuah pondok pesantren besar di Jawa Timur. Kyai beruntung itu bernama Kyai Bahar, seorang Kyai besar dengan ribuan santri yang diasuhnya di Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.


Orang Arab dan Macan Tutul



Suatu hari menjelang shalat Maghrib, seperti biasanya Mbah Cholil mengimami jamaah shalat bersama para santri Kedemangan. Bersamaan dengan Mbah Cholil mengimami shalat, tiba-tiba kedatangan tamu berbangsa Arab. Orang Madura menyebutnya Habib. Seusai melaksanakan shalat, Mbah Cholil menemui tamunya, termasuk orang Arab yang baru datang itu.



Sebagai orang Arab yang mengetahui kefasihan Bahasa Arab, Habib menghampiri Mbah Cholil seraya berucap: “Kyai, bacaan Al-Fatihah Antum (Anda) kurang fasih,” Tegur Habib.



Setelah berbasa-basi beberapa saat, Habib dipersilahkan mengambil wudhu untuk melaksanakan shalat Maghrib. Tempat wudhu ada di sebelah masjid itu. “Silakan ambil wudhu di sana,” Ucap Mbah Cholil sambil menunjukkan arah tempat wudhu.



Baru saja selesai wudhu, tiba-tiba sang Habib dikejutkan dengan munculnya macan tutul. Habib terkejut dan berteriak dengan bahasa Arabnya yang fasih, untuk mengusir macan tutul yang makin mendekat itu. Meskipun Habib mengucapkan bahasa Arab sangat fasih untuk mengusir macan tutul, namun macan itu tidak pergi juga.



Mendengar ribut-ribut di sekitar tempat wudhu Mbah Cholil datang menghampiri. Melihat ada macan yang tampaknya penyebab keributan itu, Mbah Cholil mengucapkan sepatah dua patah kata yang kurang fasih. Anehnya, sang macan yang mendengar kalimat yang dilontarkan Mbah Cholil yang nampaknya kurang fasih itu, macan tutul bergegas menjauh. Dengan kejadian ini, sang Habib paham bahwa sebetulnya Mbah Cholil bermaksud memberi pelajaran kepada dirinya, bahwa suatu ungkapan bukan terletak antara fasih dan tidak fasih, melainkan sejauh mana penghayatan makna dalam ungkapan itu.


Jawaban Mbah Cholil kepada Tamunya



Suatu Ketika Habib Jindan bin Salim berselisih pendapat dengan seorang ulama, manakah pendapat yang paling sahih dalam ayat ‘Maaliki yaumiddin’, Maliki-nya dibaca ‘Maaliki’ (dengan memakai alif setelah mim), ataukah ‘Maliki’ (tanpa alif). Setelah berdebat tidak ada titik temu. Akhirnya sepakat untuk sama-sama datang ke Kyai Keramat, Mbah Cholil Bangkalan.



Ketika itu Kyai yang jadi maha guru para Kyai pulau Jawa itu sedang duduk di dalam mushala. Saat rombongan Habib Jindan sudah dekat ke Mushala sontak saja Mbah Cholil berteriak: “Maaliki yaumiddin ya Habib, Maaliki yaumiddin Habib,” Teriak Kyai Cholil Bangkalan menyambut kedatangan Habib Jindan.



Tentu saja dengan ucapan selamat datang yang aneh itu, sang Habib tak perlu bersusah payah menceritakan soal sengketa Maliki Yaumiddin ataukah Maaliki Yaumiddin itu. Demikian yang diceritakan Habib Luthfi bin Yahya ketika menjelaskan perbendaan pendapat ulama dalam bacaan ayat itu pada kitab Tafsir ath-Thabari.


Tongkat Mbah Cholil dan Sumber Mata Air



Suatu hari Mbah Cholil berjalan ke arah selatan Bangkalan. Beberapa santri menyertainya. Setelah berjalan cukup jauh, tepatnya sampai di desa Langgundi, tiba-tiba Mbah Cholil menghentikan perjalanannya. Setelah melihat tanah di hadapannya, dengan serta-merta Mbah Cholil menancapkan tongkatnya ke tanah.



Dari arah lobang bekas tancapan Mbah Cholil tadi, memancarlah sumber air yang sangat jernih. Semakin lama semakin besar. Bahkan karena terus membesar, sumber air tersebut akhirnya menjadi kolam yang bisa dipakai untuk minum dan mandi. Kolam yang bersejarah itu sampai sekarang masih ada. Orang Madura menamakannya Kolla Al-Asror Langgundi. Letaknya sekitar 1 km sebelah Selatan kompleks pemakaman Mbah Cholil Bangkalan.


Sumber:



  •     Guru ulama Jawa, Madura oleh Wan Mohd. Shaghir    Abdullah
  •     Sya’roni As-Samfuriy, Indramayu 7 Rabi’ul Awwal 1434
  •     Manakib KH Cholil Bangkalan
  •     Dari beberapa website lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement