Dan walaupun ia tenggelam dalam lautan keni’matan duniawi yg tiada taranya pada masa itu ia merasa masih belum puas dgn tingkat kekayaan yg ia miliki dan terus berusaha mengisi khazanahnya yg sudah padat itu sifat mausia yg serakah yg tidak akan pernah puas dgn apa yg sudah dicapai. Jika ia sudah memiliki segantang emas ia ingin memperolhi segantang yg kedua dan demikian seterusnya.
Sebagaimana
halnya dgn kebykan orang-orang kaya yg telah dimabukkan oleh harta bendanya
maka Qarun tidak merasa sedikit pun bahwa dia mempunyai kewajiban sosial dgn
harta kekayaannya itu. Ia dalam hidupnya hanya memikirkan kesenangan dan
kesejahteraan peribadinya memikirkan bagaimana ia dapat menambahkan kekayaannya
yg sudah melimpah-limpah itu.
Ia telah dinasihati oleh pemuka-2 kaumnya agar ia menyediakan sebahagian daripada kekayaannya bagi menolong para fakir miskin menolong orang-orang yg tak mengenakan busana yg tidak berpakaian dan lapar tidak dapat makanan.
Ia diperingatkan bahwa kekayaan yg ia perolehi itu adl kurniaan dari Tuhan yg harus disyukuri dgn beramal kebajikan terhadap sesama manusia dan melakukan perbuatan-2 yg dapat meringankan penderitaan orang-orang yg ditimpa musibah atau menderita cacat. Diperingatkan bahwa Allah yg telah memberinya rezeki yg luas itu dapat sewaktu-waktu mencabutnya bila ia melalaikan kewajiban sosialnya.
Ia telah dinasihati oleh pemuka-2 kaumnya agar ia menyediakan sebahagian daripada kekayaannya bagi menolong para fakir miskin menolong orang-orang yg tak mengenakan busana yg tidak berpakaian dan lapar tidak dapat makanan.
Ia diperingatkan bahwa kekayaan yg ia perolehi itu adl kurniaan dari Tuhan yg harus disyukuri dgn beramal kebajikan terhadap sesama manusia dan melakukan perbuatan-2 yg dapat meringankan penderitaan orang-orang yg ditimpa musibah atau menderita cacat. Diperingatkan bahwa Allah yg telah memberinya rezeki yg luas itu dapat sewaktu-waktu mencabutnya bila ia melalaikan kewajiban sosialnya.
Nasihat
yg baik dan peringatan yg jujur yg dikemukakan oleh pemuka-pemuka kaumnya itu
tidak diendahkan oleh Qarun dan tidak mendapat tempat didalam hatinya.Ia bahkan
merasa bahwa krn kekayaannya ialah yg harus memberi nasihat dan bukan menerima
nasihat.
Orang harus tunduk kepadanya mematuhi perintahnya mengiakan kata-katanya dan membenarkan segala tindak tanduknya. IA menyombongkan diri dgn mengatakan kepada orang-orang yg memberikan nasihat itu bahwa kekayaan yg ia miliki adl semata-mata hasil jerih payahnya dan hasil kecekapan dan kepandaiannya berusaha dan bukan merupakan kurnia atau pemberian dari siapa pun.
Karenanya ia bebas menggunakan harta kekayaannya menurut kehendak hatinya sendiri dan tidak merasa terikat oleh kewajipan sosial berupa pertolongan dan bantuan kepada para fakir miskin dan para penderita yg memerlukan bantuan dan pertolongan.
Orang harus tunduk kepadanya mematuhi perintahnya mengiakan kata-katanya dan membenarkan segala tindak tanduknya. IA menyombongkan diri dgn mengatakan kepada orang-orang yg memberikan nasihat itu bahwa kekayaan yg ia miliki adl semata-mata hasil jerih payahnya dan hasil kecekapan dan kepandaiannya berusaha dan bukan merupakan kurnia atau pemberian dari siapa pun.
Karenanya ia bebas menggunakan harta kekayaannya menurut kehendak hatinya sendiri dan tidak merasa terikat oleh kewajipan sosial berupa pertolongan dan bantuan kepada para fakir miskin dan para penderita yg memerlukan bantuan dan pertolongan.
Sebagai
tentangan bagi para orang yg menasihatinya Qarun makin meningkatkan cara hidup
mewahnya dan secara menyolok mempamerkan kekayaannya dgn berlebih-lebihan.
Bila ia keluar Ia mengenakan pakaian dan perhiasan yg bergemerlapan membawa pengantar dan pembantu lbh banyak daripada biasanya dan mengenderai kuda-kuda yg dihiasi dgn indah dan cantik. Kemewahan yg ditonjolkan secara menyolok itu merasakan iri-hati dikalangan penduduk terutama mereka yg masih lemah imannya.
Mereka berbisik-bisik diantara sesama mereka mengeluh dgn berkata: “Mengapa kami tidak diberi rezeki dan keni’matan seperti yg telah diberikan kepada Qarun? Alangkah mujurnya nasib Qarun dan alangkah bahagianya dia dalam hidupnya di dunia ini! Dan mengapa Tuhan melimpahkan kekayaan yg besar itu kepada Qarun yg tidak mempunyai rasa belas kasihan terhadap orang-orang yg melarat dan sengsara orang-orang yg fakir dan miskin yg memerlukan pertolongan berupa pakaian mahupun makanan.Dimanakah letak keadilan Allah yg Maha Pemurah lagi Maha Pengasih itu?”
Bila ia keluar Ia mengenakan pakaian dan perhiasan yg bergemerlapan membawa pengantar dan pembantu lbh banyak daripada biasanya dan mengenderai kuda-kuda yg dihiasi dgn indah dan cantik. Kemewahan yg ditonjolkan secara menyolok itu merasakan iri-hati dikalangan penduduk terutama mereka yg masih lemah imannya.
Mereka berbisik-bisik diantara sesama mereka mengeluh dgn berkata: “Mengapa kami tidak diberi rezeki dan keni’matan seperti yg telah diberikan kepada Qarun? Alangkah mujurnya nasib Qarun dan alangkah bahagianya dia dalam hidupnya di dunia ini! Dan mengapa Tuhan melimpahkan kekayaan yg besar itu kepada Qarun yg tidak mempunyai rasa belas kasihan terhadap orang-orang yg melarat dan sengsara orang-orang yg fakir dan miskin yg memerlukan pertolongan berupa pakaian mahupun makanan.Dimanakah letak keadilan Allah yg Maha Pemurah lagi Maha Pengasih itu?”
Qarun
yg tidak mengabaikan anjuran orang agar ia secara sukarela menyediakan
sebahagiaan harta kekayaannya utk disedekahkan kepada orang-orang yg
memerlukannya melarat dan miskin akhirinya didatangi oleh Nabi Musa
menyampaikan kepadanya bahwa Allah telah mewahyukan perinyah berzakat bagi
tiap-tiap orang yg kaya dan berada. Diterangkan oleh Musa kepadanya bahwa dalam
harta kekayaan tiap ada bahagian yg telah ditentukan oleh Tuahn sebagai hak
orang-orang yg melarat dan fakir miskin yg wajib diserahkan kepada mereka.
Qarun
merasa jengkel memerima perintah wajib berzakat itu dan menyatakan keraguan dan
kesangsian kepada Musa. Ia berkata: “Hai MUsa kami telah membantumu dan
menyokongmu dalam dakwahmu kepada agama barumu. Kami telah menuruti segala
perintahmu dan mendengarkan segala kata-katamu.
Sikap kami yg lunak itu terhadap dirimu telah memberanikan engkau bertindak lbh jauh dari apa yg sepatutnya dan mulailah engkau ingin meraih harta benda kami. Engkau rupanya ingin juga menguasai harta kekayaan kami setelah kami serahkan kepadamu hati dan fikiran kami sebulat-bulatnya.
Dengan perintah wajib zakatmu ini engkau telah membuka topengmu dan menunjukkan dustamu dan bahwa engkau hanya seorang pendusta dan ahli sihir belaka.”
Sikap kami yg lunak itu terhadap dirimu telah memberanikan engkau bertindak lbh jauh dari apa yg sepatutnya dan mulailah engkau ingin meraih harta benda kami. Engkau rupanya ingin juga menguasai harta kekayaan kami setelah kami serahkan kepadamu hati dan fikiran kami sebulat-bulatnya.
Dengan perintah wajib zakatmu ini engkau telah membuka topengmu dan menunjukkan dustamu dan bahwa engkau hanya seorang pendusta dan ahli sihir belaka.”
Tuduhan
Qarun yg ingin melepaskan dirinya dari wajib berzakat itu ditolak oleh Nabi
Musa yg menegaskan kembali bahwa kewajiban berzakat iut tidak dapat
ditawar-tawar dan harus dilaksanakan krn ia adl perintah Allah yg harus ditaati
dan dilaksanakan dgn semestinya.
Qarun
tidak dapat jalan utk mengelakkan diri dan kewajiban zakat itu setelah
berbantah dan berdebat dgn Musa maka ia menyerah dan ditentukan berapa besar yg
harus ia keluarkan zakat harta kekayaannya.
Setelah
tiba di rumah dan menghitung-hitung bahagian yg harus dizakatkan dari harta
miliknya Qarun merasa terlampau besar yg harus dizakatkan dan merasa sayang
bahwa ia harus mengeluarkan dari khazanahnya sejumlah wang tanpa meperolehi
imbalan sesuatu keuntungan dan laba. Fikir punya fikir dan timbang punya
timbang akhirnya Qarun mengambil keputusan utk tidak akan mengeluarkan zakat
walau apapun yg akan terjadi akibat tindakannya itu.
Utk
menguatkan aksi pemboikotannya terhadap kewajiban mengeluarkan zakat Qarun
menyebarkan fitnah kepada Nabi Musa dgn maksud menarik orang agar menjadikan
penunjang aksinya dan mengikutinya menolak menolak kewajiban mengeluarkan zakat
sebagaimana diperintahkan oleh Nabi Musa.
Ia menyebarkan fitnah seolah-olah Nabi Musa dgn dakwahnya dan penyiaran agama barunya bertujuan ingin memperkayakan diri dan bahwa perintah zakatnya itu adl merupakan cara perampasan yg halus terhadap milik-milik para pengikutnya.
Ia menyebarkan fitnah seolah-olah Nabi Musa dgn dakwahnya dan penyiaran agama barunya bertujuan ingin memperkayakan diri dan bahwa perintah zakatnya itu adl merupakan cara perampasan yg halus terhadap milik-milik para pengikutnya.
Lebih
jahat lagi utk menjatuhkan Nabi Musa dan kewibawaannya Qaru bersekongkol dgn
seorang wanita yg diajarinya agar mengaku didepan umum bahwa ia telah melakukan
perbuatan zina dgn Musa. Akan tetapi Allah tidak rela nama Rasul-Nya tercemar
oleh tuduhan palsu yg diaturkan oleh Qarun itu.
Maka digerakkanlah hati wanita sewaannya itu utk mengatakan keadaan yg sebenarnya dan bahwa apa yg ia tuduhkan kepada Nabi Musa adl fitnahan dan ajaran Qarun semata-mata dan bahawasannya Musa adl bersih dari perbuatan yg dituduh itu.
Maka digerakkanlah hati wanita sewaannya itu utk mengatakan keadaan yg sebenarnya dan bahwa apa yg ia tuduhkan kepada Nabi Musa adl fitnahan dan ajaran Qarun semata-mata dan bahawasannya Musa adl bersih dari perbuatan yg dituduh itu.
Setelah
ternyata bagi Nabi Musa bahwa Qarun tidak beriktikad baik dan bahwa ia tidak
dapat diharap menjadi pengikut yg soleh yg mematuhi perintah-2 Allah terutama
perintah wajib zakat bahkan ia dapat merusakkan akhlak dan iman para pengikut
Musa dgn sikap dan cara hidupnya yg berlebih-lebihan mewahnya ditambahkan pula
usahanya yg tidak henti-2 merusakkan kewibawaan Nabi Musa dgn melontarkan
fitnahan dan berbagai hasutan maka habislah kesabaran Nabi Musa lalu berdoa ia
kepada Allah agar menurunkan azab-Nya atas diri Qarun yg sombong dan congkak
itu agar menjadi pengajaran dan ibrah bagi kaumnya yg sudah mulai goyah imannya
melihat keni’matan yg berlimpah-limpah yg telah Allah kurniakan kepada Qarun yg
membangkang itu.
Maka
dgn izin Allah yg telah memperkenankan doa Nabi Musa terjadilah tanah runtuh yg
dahsyat di atas mana terletak bangunan gedung-gedung yg mewah tempat tinggal
Qarun dan tempat penimbunan kekayaannya. Terbenamlah seketika itu Qarun
hidup-hidup berserta semua milik kekayaan yg menjadi kebaggaannya.
Peristiwa
yg menimpa Qarun dan harta kekayaannya itu menjadi ibrah bagi pengikut-2 Nabi
Musa serta ubat rohani bagi mereka yg beriri hati dan mendambakan keni’matan
dan kemewahan hidup sebagaimana yg telah dialami oleh Qarun.
Mereka berkata seraya bersyukur kepada Allah: “Sekiranya Allah telah melimpahkan rahmat dan kurnia-Nya nescaya kami dibenamkan pula seperti Qarun yg selalu kami inginkan kedudukan duniawinya. Sesungguhnya kami telah tersesat ketika kami beriri hati dan mendambakan kekayaannya yg membawa binasa baginya. Aduhai benar-2 tidaklah beruntung orang-orang yg mengingkari ni’mat Allah.” Isi cerita tersebut di atas dapat dibaca dalam surah “Qashash” ayat 76 sehingga 82 dan surah “Al-Ahzaab” ayat 69 sebagaimana berikut :~
Mereka berkata seraya bersyukur kepada Allah: “Sekiranya Allah telah melimpahkan rahmat dan kurnia-Nya nescaya kami dibenamkan pula seperti Qarun yg selalu kami inginkan kedudukan duniawinya. Sesungguhnya kami telah tersesat ketika kami beriri hati dan mendambakan kekayaannya yg membawa binasa baginya. Aduhai benar-2 tidaklah beruntung orang-orang yg mengingkari ni’mat Allah.” Isi cerita tersebut di atas dapat dibaca dalam surah “Qashash” ayat 76 sehingga 82 dan surah “Al-Ahzaab” ayat 69 sebagaimana berikut :~
“76~Sesungguhnya
Qarun adl termasuk kaum Musa maka ia berlaku aniaya terhadap mereka dan Kami
telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yg kunci-nya sungguh berat
dipikul oleh sejumlah orang yg kuat-2. negeri akhirat dan janganlah kamu
melupakan bahagianmu dari duniawi dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah
berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakkan di bumi ini.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yg berbuat kerusakkan. 78~ Qarun berkata: “Sesungguhnya aku diberi harta itu krn ilmu yg ada padaku.” Dan apakah ia tidak mengetahui bahwasannya Allah sungguh telah membinasakan umat-2 sebelumnya yg lbh kuat daripadanya dan lbh banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yg berdosa itu tentang dosa-dosa mereka.
79~ Mak keluarlah Qarun kepada kaumnya dgn kemegahannya. Berkatalah orang-orang yg menghendaki kehidupan dunia: ” Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yg telah diberikan kepada Qarun sesungguhnya ia benar-benar mempunyai peruntungan yg besar.”
80~ Berkatalah orang-orang yg telah dianugerahi ilmu: “Kecelakaan yg besarlah bagimu pahala Allah adl lebihbaik bagi orang-orang yg beriman dan beramal soleh dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yg sabar.”
81~ Mak Kami benamkan Qarun berserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yg menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang membela .
82~ Dan jadilah orang-orang yg kelmarin mencita-citakan kedudukan Qarun itu berkata: “aduhai benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yg dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya. Kalau Allah tidak melimpahkan kurnia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita . Aduhai benarlah tidak beruntung orang-orang yg mengingkari Allah.”
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yg berbuat kerusakkan. 78~ Qarun berkata: “Sesungguhnya aku diberi harta itu krn ilmu yg ada padaku.” Dan apakah ia tidak mengetahui bahwasannya Allah sungguh telah membinasakan umat-2 sebelumnya yg lbh kuat daripadanya dan lbh banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yg berdosa itu tentang dosa-dosa mereka.
79~ Mak keluarlah Qarun kepada kaumnya dgn kemegahannya. Berkatalah orang-orang yg menghendaki kehidupan dunia: ” Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yg telah diberikan kepada Qarun sesungguhnya ia benar-benar mempunyai peruntungan yg besar.”
80~ Berkatalah orang-orang yg telah dianugerahi ilmu: “Kecelakaan yg besarlah bagimu pahala Allah adl lebihbaik bagi orang-orang yg beriman dan beramal soleh dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yg sabar.”
81~ Mak Kami benamkan Qarun berserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yg menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang membela .
82~ Dan jadilah orang-orang yg kelmarin mencita-citakan kedudukan Qarun itu berkata: “aduhai benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yg dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya. Kalau Allah tidak melimpahkan kurnia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita . Aduhai benarlah tidak beruntung orang-orang yg mengingkari Allah.”
“Hai
orang-orang yg beriman janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yg menyakiti
Musa maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yg mereka katakan. Dan adl
dia seorang yg mempunyai kedudukan terhormat di sisi Allah.”
Post a Comment